Monday, June 1, 2015

5 Anggapan Keliru Tentang Orang Minang

AlfhaZona - Orang Minangkabau ( Minang ) memang dikenal sebagai perantau. Bahkan disetiap daerah di Indonesia hingga luar negeri selalu ada orang Minang. Bahkan ada juga sebuah candaan " Jika ada penduduk di bulan, maka ada rumah makan padang disana ".

Tapi ada nih, beberapa anggapan terhadap orang Minang yang keliru, terutama bagi orang-orang non-minang. Keliru karena sebenarnya bukan seperti itu.

1. Semuanya adalah Orang Padang



Ada sesuatu yang menarik di ranah perantauan. Saat berkenalan dengan orang yang bukan minang dan menyebutkan kampung halamannya, apapun kampung halaman kita orang minang, mau Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, tetap saja kita dianggap orang Padang.

2. Orang Minang Katanya Pelit


Orang-orang non-minang, terutama di wilayah perantauan banyak yang beranggapan bahwa orang Minang itu pelit. Sebenarnya bukan begitu, orang Minang itu sama sekali nggak pelit, mereka cuma hemat.

Wajarlah, namanya juga hidup di perantauan, jauh dari keluarga dan orangtua. Harus pintar-pintar mengelola keuangan, kalau terlalu boros kan bahaya.

Lagian di Sumatera Barat, negeri asal orang Minang, sifat pelit itu tercela. ada sebuah ejekan bagi orang pelit di Minang, yaitu : " Urang pilik kuduak nyo balubang " artinya : " Orang pelit Tengkuknya berlubang ".


3. Kalau Menikah Lelaki Minang Dibeli


Nah, yang ini juga nggak benar nih. Tidak semua lelaki Minang itu kalau menikah dibeli. Yang dibeli itu cuma lelaki Minang dari daerah Pariaman. Sebenarnya bukan dibeli, tapi "dijapuik" ( dijemput ). Tradisi ini sebenarnya sama dengan Siti Khadijah waktu meminta Rasulullah mwnjadi suaminya. Tapi mungkin anggapan lelaki Minang itu dibeli muncul karena setelah menikah lelaki Minang tinggal dirumah perempuan kali ya? :-D


4. Kalau Menikah Perempuan Minang Dijodohkan


Perempuan Minang kalau menikah dijodohkan. nggak semuanya, apalagi perempuan Minang jaman sekarang. Tergantung keluarga masing-masing, Kalau perempuannya punya calon, bisa kok menikah dengan calon pilihannya.

5. Orang Minang Kalau Berbahasa Indonesia Suka Kebawa-bawa Minangnya

Siapa bilang?? Nggak ada gai tu dowh..!! :v


Sumber : http://www.infosumbar.net/artikel/ini-dia-5-anggapan-keliru-tentang-orang-minang/
Comments