Monday, August 24, 2015

Stadion Utama Sumbar di Nagari Sikabu - Lubuk Alung

Pembangunan Stadion Utaman Sumbar di Nagari Sikabu Lubuk Alung

AlfhaZona - Alhamdulillah, Stadion Utama Sumbar di Nagari Sikabu Lubuk Alung akhirnya benar-benar dibangun. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Pemkab Padang Pariaman mulai melakukan tahap awal dari pembangunan Stadion Utama Sumbar yang berlokasi di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

" Saat ini pembangunan Stadion yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 tersebut sedang tahap pembangunan, diperkirakan akan menghabiskan dana Rp1,6 Triliun," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, di Padang Pariaman, Senin (10/08). Dia menyebutkan Stadion Utama Sumbar dibangun pada lahan seluas 38,5 Hektar yang terletak di Jalan Lingkar Duku-Sicincin, Kecamatan Lubuk Alung.

Lokasi tersebut sangatlah strategis karena berjarak 20 menit dari Bandara Internasional Minangkabau. Sehingga bila nantinya PON digelar di Sumbar, para atlit yang berasal dari luar daerah tidak perlu waktu lama untuk sampai ke stadion. "Sama seperti stadion lain, pembangunan Stadion Utama Sumbar juga mencakup pembangunan lapangan bola, lintasan atletik, ruang atlit, tempat duduk penonton dan infrastruktur lainnya," imbuh Bupati Padang Pariaman tersebut.

Dalam perkembangannya, Stadion Utama Sumbar ini nantinya akan menjadi gelanggang utama / sport center utama di Sumbar menggantikan Stadion lama seperti GOR Agus Salim di Padang, katanya. "Meskipun demikian, lancar atau tidaknya pembangunan tersebut tergantung dana dan dukungan dari masyarakat khususnya di sekitar Padang Pariaman," Ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa adanya pembangunan infrastruktur semisal Stadion di wilayah Padang, Lubuk Alung dan Pariaman dapat menjadi cikal bakal lahirnya Kota Metropolitan Palapa ( Padang-Lubuk Alung-Pariaman ). Dengan demikian nantinya kemungkinan pusat pemerintahan , perdagangan, pariwisata hingga sosial kemasyarakatan Sumbar akan berpusat di ketiga wilayah tersebut, ucapnya.

Ground Breaking Stadion Utama Sumbar

Stadion Utama Sumbar di Nagari Sikabu Lubuk Alung ini berkapasitas 30 - 40 ribu penonton. Pekerjaan pembangunan stadion yang dipersiapkan untuk PON ke 21 tahun 2024 itu ditandai dengan Ground Breaking oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kamis (6/8/2015). Kawasan stadion utama akan dikerjakan secara multiyears melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumbar. Tahap awal pembangunan untuk pekerjaan land clearing lokasi sebelumnya dimulai pembangunan secara keseluruhan, dananya dianggarkan sekitar Rp18 miliyar.

Stadion yang dirancang sebagai lokasi utama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumbar itu di desain separoh tertutup untuk menyesuaikan dengan kondisi wilayah Padang Pariaman yang rawan gempa. Hal yang sama diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Penataan Bangunan dan Lingkungan Prasjal Tarkim Provinsi Sumbar, Ridha S Putra mengatakan, stadion utama dirancang berskala Internasional sesuai dengan standar FIFA.

Main Stadium / Stadion Utama di areal seluas 38,5 hektar di Nagari Sikabu Lubuk Alung ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana 4 gedung olahraga, danau buatan untuk olahraga air, serta satu bukit untuk olahraga seepeda gunung.


Source : 
http://www.antarasumbar.com/berita/154618/pemkab-padangpariaman-mulai-bangun-stadion-utama-sumbar.html
http://irwan-prayitno.com/2015/08/stadion-utama-sumbar-dibangun-untuk-pelaksanaan-pon-ke-21/
Comments