Thursday, October 2, 2014

Wisata Kuliner - Masakan Padang

AlfhaZona - Jalan-jalan ke Sumatera Barat, Padang dan sekitarnya tidak akan lengkap tanpa mencicipi berbagai macam masakan khas sumatera barat, walaupun bagi orang Jakarta semuanya disebut Masakan Padang, namun sebenarnya tidak semuanya otentik Padang, loh! Shantapan khas Bukittinggi, Painan, Pariaman bisa jadi merupakan makanan lokal yang tidak berasal dari kota Padang. Jadi, datang ke suatu kota belum tentu mendapati makanan yang ada dikota lain.

Pada postingan kali ini, saya akan menceritakan beberapa makanan khas kota padang. Semua masakan ini sudah terbukti enak, dan postingan ini akan membuat ngiler para pembaca... hehehe,, :-D

Masakan Padang

Sate ( Padang )

Lokasi : Sate Danguang-danguang, Simpang Kinol, Padang.

  

Sate danguang-danguang adalah sate Padang ( istilah orang Jakarta ). Tapi daging sate di Padang

tidak selunak daging sate Padang yang ada di Jakarta. Sate danguang-danguang lebih terasa enak, lembut dan lebih segar. Bumbunya juga lebih kental dan lebih berasa rempah-rempah khas Sumateranya. 1 porsi isinya 10 tusuk rasanya dua kali lebih menyenangkan dari pada satu porsi sate padang yang biasa dijumpai di Jakarta.

Es Durian
Lokasi : Es Duria Ganti nan lamo, Simpang Kinol, Padang.


 Es Durian Ganti Nan Lamo adalah makanan wajib bagi turis yang berkunjung ke kota Padang, ada banyak outlet nya. Semuanya ada disekitaran Simpang Kinol. Semua sama saja, Durian di campur es serut ditambah dengan agar-agar, cincau dan susu coklat manis. Ada juga beberapa outlet yang menambahkan variasi-variasi makanan lain sehingga bentuknya lebih cantik di pandang. Rasanya jangan ditanya, nikmatnya bukan main! Dijamin anda akan terasa puas setelah mencicipi es durian ini.

Soto Padang
Lokasi : Soto Minang Roda Jaya, Simpang Kinol, Padang.
 

Soto yang dimaksud adalah Soto Paru dengan kuah berempah yang harum.Parunya digoreng kering, dari waktu digigit masih kriuk-kriuk.Kuahnya kental dan bumbunya sangat terasa sekali. Nasinya enak tapi bentuknya hambur, kurang melekat satu sama lain. Tapi tidak masalah, kalau anda berkunjung ke Padang, rasa lauk nya akan membuat nasi juga terasa lebih enak.. :-)

Rendang Daging
Lokasi : Rumah Makan Pagi Sore, Jl. Pondok 143, Simpang Kinol, Padang.


Rendang Daging adalah masakan legenda kota Padang yang wajib dicicipi oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Padang. Rumah makan Pagi Sore adalah rumah makan yang terkenal yang sudah berdiri sejak tahun 1947. Rendangnya enak dan membuat kita ketagihan.

Teh Talua
Lokasi : Bofet Rajawali Juanda, Jl. Ir. H. Juanda 33, Padang.






Teh Talua atau Teh Telur sebenarnya banyak di sediakan di rumah makan. Teh yang dicampuri telur dan susu ( sesuai selera ) lalu disajikan hangat-hangat. Rasanya enak bingitt... Teh, Tapi rasanya gurih-gurih Nyoii..!
Oh yaa,, Teh Talua ini biasanya bisa kita jumpai di semua rumah makan yang ada di kota Padang. Jadi, bisa mampir di sembarang tempat untuk menikmati minuman khas kota Padang ini.

Soft Durian
Lokasi : Ninur Bakery Cake Shop, Bandara Internasional Minangkabau.


Soft Durian adalah cream cake durian. Enaknya dimakan dalam keadaan dingin. Rasanya lembut dan duriannya terasa banget. Enaakk..!


Itu lah beberapa masakan kuliner khas Padang yang dapat saya rangkum, semoga postingan kali ini bisa membbuka selera anda untuk berkunjung ke kota Padang. :-)
Comments